PELUANG USAHA

Peluang yang dalam bahasa Inggris di sebut dengan opportunity yang memiliki arti sesuai dengan Kamus BesarBahasa Indonesia adalah kesempatan. Secara sederhana peluang di artikan sebagai kesempatan muncul atau terjadi pada satu peristiwa. Sementara itu, usaha memiliki pengertian berbagai daya untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Sehingga secara terminologis pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan apa yang di inginkannya ( keuntungan – kekayaan – uang ) dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.
Jadi peluang usaha adalah sesuatu yang sangat penting karena adanya peluang tentunya ada kesempatan untuk mencapainya, ingin membuka usaha di bidang tertentu pasti akan melihat ada nggak peluangnya untuk memenangkan pasar. Usaha apapun itu, dari bisnis modal kecil sampai yang membutuhkan modal seabrek, dari bisnis sampingan hingga bisnis utama, akan membutuhkan pertimbangan tentang potensi dan peluang pasarnya.
Ada beberapa ide peluang usaha yang dapat dicoba. Sebenarnya jika dirangkum, maka peluang usaha itu dapat digolongkan ke dalam 2 bidang saja yaitu : usaha offline dan usaha online. Pada usaha offline dapat meliputi usaha : usaha kuliner, salon kecantikan, sanggar senam, bengkel dan lainnya. Sedangkan usaha online meliputi : toko online, affiliasi, dropship, adsense dan lainnya yang kesemuanya itu membutuhkan pengetahuan di bidang internet dan komputer.
2Sumber peluang
S    Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan peluang, mengapa untuk dapat menjadi seorang wirausaha sukses seseorang harus menemukan sebuah peluang emas dan apakah sulit untuk dapat menemukan peluang? Peluang sendiri sebenarnya berasal dari sebuah ide, inspirasi atau kesempatan yang muncul untuk dimanfaatkan bagi kepentingan seseorang baik dalam kehidupan sehari hari dalam bisnis. Dalam bahasa inggris “opportunity” berarti sebuah atau beberapa kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau “moment”. Jadi asal dari peluang itu adalah kesempatan yang terjadi dan berkembang menjadi ide bagi seseorang.
Bila asal dari peluang adalah sebuah kesempatan yang terjadi, maka dari mana sebenarnya darimanakah sumber-sumber peluang itu? Adapun sumber peluang atau kesempatan itu berasal dari:
·         Diri Anda Sendiri
Peluang yang paling potensial dan sangat besar resiko kesuksesannya bersumber dari dalam diri sendiri karena beberapa alasan berikut ini: a. Bisnis itu membutuhkan proses yang panjang dan bahkan bisa seumur hidup sehingga harus membuat Anda bahagia dan sukses b. Bisnis itu membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau bisnis tersebut c. Kesuksesan bisnis merupakan akumulasi dari kesuksesan dalam menaklukkan kegagalan demi kegaaglan sehingga semuanya dapat terwujud. Oleh sebab itu, jika anda terampil, kompeten dan cekatan dalam menjalankan bisnis Anda serta memiliki pengetahuan yang cukup, maka bisnis Anda akan meraih kesuksesan dengan cepat.
Beberapa sumber peluang yang muncul dari diri anda sendiri seperti:
§  Hobi Anda Dari hobi yang anda miliki dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan, hal ini menjadi masuk akal karena pada saat anda menjadikan hobi anda menjadi usaha anda akan mencurahkan segala kemampuan yang Anda miliki karena Anda menyukai hal tersebut.
§   Keahlian Anda Jelas, keahlian yang Anda miliki dapat memberikan sumber inspirasi dan sumber peluang bisnis yang ingin Anda kembangkan. Mulailah dari bidang dimana Anda merasa memiliki keahlian dibidang tertentu, kemudian temukan inspirasi dan peluang bisnisnya.
§  Peluang dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan Mengapa sumber ini merupakan potensi dalam menemukan peluang, karena Anda sudah mengetahui, mempelajari dan memahami bidang Anda tekuni. Untuk itu segera pahami cara memberdayakan peluang yang Anda miliki dari latar belakang pendidikan Anda.
·         Lingkungan
Banyak peluang dan inspirasi yang timbul justru dari lingkungan kita, misalnya:
§  Usaha orang tua Anda, dalam diskusi setiap harinya orang tuan Anda sering menceritakan kesulitan-kesulitas bisnisnya. Hal itu bisa mendatangkan inspirasi bisnis bila Anda menggabungkannya dengan latarbelakang pendidikan, hobi, pengetahuan dan keahlian Anda
§  Lingkungan rumah Anda, seperti pergaulan, tetangga, teman main, dan lain lain
§  Kebiasaan Anda dalam rangka menuju ke kampus, perjalanan, lingkungan sekolah, teman sekolah dan lain-lain
§  Saat anda berkunjung ke café, atau dimananpun anda berada
Semua hal diatas dapat memberikan inspirasi, ide, dan gagasan yang luar biasa bila Anda sering menggunakan sudut pandang kreatif dalam melihat suatu kejadian.
·         Perubahan yang Terjadi
Peluang besar yang sering muncul menjadi sebuah bisnis adalah perubahan yang terjadi di lingkungan Anda, contohnya:
§  Perubahan global: Misalnya perubahan kurs mata uang  Rupiah terhadap mata uang Dollar Amerika (US $) mengakibatkan banyak barang impor mengalami kenaikan harga sementara barang lokal mengalami penurunan harga jual. Hal ini membukan peluang bagi para produsen lokal untuk memperkenalkan produknya kemasyarakat.
§  Perubahan lingkungan: Misalnya, pembangunan perumahan yang baru di sekitar komplek Anda mengakibatkan perubahan jumlah penduduk. Perubahan jumlah penduduk berarti mendorong perubahan tingkat permintaan kebutuhan keluarga. Sehingga peluang yang mungkin akan timbul adalah bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan penduduk seperti: laundry atau jasa pencucian baju, mini market, transportasi dll.
§  Perubahan Peraturan Pemerintah juga akan menimbulkan ancaman bagi industry yang terkena dampaknya dan peluang bagi yang mampu “membacanya” dan mendapatkan manfaatnya.
§  Perubahan musim
§  Perubahan gaya hidup
§  Perubahan tingkat kebutuhan tentang, pola hidup yang lebih sehat
§  Perubahan tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi (berat), hal ini dapat membuka peluang untuk memberikan subuah layanan hiburan bagi pekerja tersebut.
§  Perubahan teknologi informasi dan komunikasi seperti kemajuan teknologi mobile phone dan internet.
§  Perubahan tingkat pertumbuhan pemilik kendaraan akan memunculkan peluang penjualan sparepart, asuransi, asesoris bengkel dll.
·         Konsumen
Suara konsumen itu penting karena sering menciptakan gagasan baru dalam memperbaiki produk yang ada dan peluang bagi yang akan mendirikan usaha baru. Masukan-masukan dari konsumen yang dapat memberikan inspirasi peluang baru seperti:
§  Keluhan-keluhan dari konsumen
§  Saran-saran dari konsumen
§  Permintaan khusus dari konsumen dan calon konsumen
§  Angan-angan yang diimpikan oleh konsumen tentang produk atau jasa tertentu
§  Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa anda
·         Gagasan Orang Lain
Seperti halnya suara dari konsumen, gagasan dari orang lain  (mungkin karena keluhankeluhan terhadap suatu produk atau layanan yang disampaikan teman anda ke anda), dapat memberi ide yang membuka peluang bagi anda dalam membuat suatu bisnis.
·         Informasi yang Diperoleh
Dalam perjumpaan dengan orang lain terkadang kita mendapatkan informasi baru. Bagi orang yang mendengarnya, informasi baru itu bisa berguna untuk dijadikan sebagai peluang bisnis karena informasi tersebut memiliki hubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dia miliki. Namun bagi orang-orang tertentu informasi baru itu tidak bermanfaat karena informasi tersebut tidak memiliki hubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Hal ini yang bisa membedakan mengapa ada orang yang merasa tidak memiliki peluang dibanding orang yang memiliki peluang. Contohnya seperti:
§  Mendapat informasi tentang produk baru yang sedang trend dan mengetahui cara membelinya, sedangkan dikota lain belum ada produk tersebut tetapi iklannya telah didenganr oleh masyarakat disana. Ini berarti bisa menjadi sebuah peluang karena kemampuan konektivitas.
§  Informasi mengenai kebutuhan pokok yang harganya lebih mahal dari pada di tempat lain untuk produk yang sama. Ini juga dapat menjadi sebuah peluang karena ada selisih harga
§  Informasi tentang kebutuhan produk tertentu dan Anda tau dimana produk itu ada atau diproduksi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“ Kiat sukses dengan strategi berbisnis menggunakan pendekatan Segmentation"

KEPEMIMPINAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KEWIRAUSAHAAN